[MediaDidik] Update Fitur Notifikasi & Realtime Diskusi

Assalamualaikum wr wb

Kali ini saya akan memberikan informasi update fitur terbaru untuk aplikasi mediadidik.com, dimana seperti yang saya sampaikan pada posting sebelumnya (Update Aplikasi E-Learning Tahun 2020), mediadidik.com merupakan aplikasi pengganti untuk elearning yang lama (DEMO), namun masih saya khususkan untuk yang sudah membeli plugins pada aplikasi elearning yang lama.

# Protokol Https

Sekarang semua domain dibawah *.mediadidik.com telah menggunakan protokol https, berarti url aplikasi Anda juga sudah terpasang SSL untuk https.

Dengan dipasangnya https, maka pertukaran data antara server dengan client akan terenkripsi.

# Halaman Notifikasi + Lonceng

Pada navbar atas, Anda akan melihat icon lonceng, icon tersebut akan bergerak – gerak dan berwarna pink jika ada notifikasi yang masuk ke akun Anda.

Jika icon lonceng diklik, maka akan diarahkan ke daftar notifikasi

# Demo Realtime Diskusi

Mediadidik.com menggunakan teknologi websocket untuk mengirimkan event dan mem-broadcast notifikasi secara realtime ke target penerima, sehingga penerima tidak perlu melakukan refresh halaman untuk mendapatkan data yang baru, ditambah lagi saya menggunakan reactjs pada sisi client, sehingga akan sangat-sangat efisien dalam hal menampilkan data.

Ini sangat berbeda sekali kalo dibandingkan dengan aplikasi elearning lama, dimana client terus menerus melakukan polling ajax ke server untuk mendapatkan data yang baru.

# Bocoran fitur berikutnya

Fitur berikutnya yang akan saya kerjakan untuk aplikasi mediadidik.com adalah “Chat Antar Pengguna”. Dengan fitur ini, dimungkinkan nantinya peserta didik dapat berkomunikasi ke sesama peserta didik, pengajar dan Administrator.

Ok gaes, itu saja informasi yang dapat saya berikan, semoga dapat memberikan kabar gembira untuk yang sudah menggunakan mediadidik.

Oh ya bagi yang sebelumnya tidak membeli plugin elearning tapi ingin menggunakan mediadidik.com, ini masih belum bisa ya, saya pengennya setelah fitur Chat selesai dulu baru akan saya buka untuk umum.

Terima kasih

Assalamualaikum wr wb

Category: MediaDidik, New Elearning

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *